Senin, 06 Juli 2009

Tai Chi

Akhirnya saya latihan Tai Chi. Sungguh hal yang tak terbayangkan saya bertemu kembali dengan guru Kung Fu saya sekitar 17 tahun lalu, saat saya masih kuliah di UGM, Mas Noviar.

Dulu saat mahasiswa saya memang ikut kungfu Pro Patria. Salah satu hal yang saya senangi dari kung fu Pro Patria ini adalah jurus-jurus harimau dan latihan pernafasannyal. Saya yakin, pernafasan memang inti kekuatan.

Saya tidak sengaja menemukan Tai Chi Pro Patria ini. Saya melihat pengumumannya di gedung olahraga Padjadjaran, Bogor. Saya datang dan mendaftar, dan ternyata bertemu lagi dengan Mas Noviar. Kami latihan tiap hari Minggu pagi dan Rabu malam.

Saat di Yogya saya memang belum pernah mendengar Tai Chi Pro Patria ini. Setelah latihan, saya teringat, beberapa gerakannya memang persis dengan gerakan kung fu. Yang jelas, latihan ini memang akan membuat badan bugar, sehat dan nafas tidak lagi ngos-ngosan. Latihan seminggu dua kali, saya kira cukup.

Berikut manfaat latihan Tai Chi yang saya peroleh:
1. Meningkatkan aliran darah ke jantung, menguatkan otot-otot jantung, dan membuat denyut jantung menjadi lebih lambat dan efisien. Peningkatan aliran darah ini memperbaiki kesehatan umum dari seluruh organ tubuh.
2. Meningkatkan kelenturan organ paru-paru dan meningkatkan efisiensi fungsi paru-paru, sehingga akan dapat menarik lebih banyak oksigen yang dihirup.
3. Meningkatkan kekuatan tulang-tulang, persendian, dan meningkatkan kelenturannya, sehingga dapat mengurangi osteoporosis (pengeroposan tulang).
4. Pemusatan perhatian yang dalam pada gerak dan pernapasan akan merangsang otak, meningkatkan konsentrasi dan ketenangan.
5. Mempercepat penyembuhan berbagai penyakit (sakit kepala, migrain, dan vertigo; reumatik, sakit pinggang; gangguan fungsi ginjal, diabetes; asma dan sesak napas; lemah syahwat dan ejakulasi dini; sakit keputihan dan gangguan haid; lemah jantung; sakit lever; gangguan pencernaan dan sembelit; tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah; dan lain-lain, selain penyakit karena virus, bakteri dan jamur).
6. Fungsi beladiri, menangkal serangan yang "tampak" maupun yang "tidak tampak".

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon saya diberi informasi dimana bisa berlatih Wingchun atau Tai Chi di Jogja. Terima kasih

Hatma
hsuryoharyo@gmail.com